Komit Wujudkan Green Campus Berkelanjutan, UTU Gelar Webinar Nasional
  • UTU News
  • 05. 09. 2020
  • 0
  • 2225

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umur terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan green campus berkelanjutan, kali ini, UTU mengadakan Webinar Nasional Greenmatric dengan tema "Pengelolaan Green Kampus untuk mewujudkan Kampus Berkelanjutan". Kamis (03/9/2020).

Prof Jasman dalam sambutannya menyampaikan UTU memeroleh prestasi UI GreenMetric terus meningkat secara nasional, tahun 2019 UTU berada di peringkat 22 Nasional, menjadi yang terbaik di Provinsi Aceh. Perolehan prestasi tersebut tidak bisa dilepaskan dari berbagai kebijakan yang telah diambil selama ini.

“terutama dalam usaha pengurangan sampah plastik, UTU melarang penggunaan kemasan air minum berbahan plastic sekali pakai. Untuk mendukung kebijakan tersebut, kita menganjurkan dosen, tendik serta mahasiswa untuk menggunakan thumbler untuk pengisian air minum.” Jelas Rektor

Kampus UTU memiliki program Bicycle on Campus yang merupakan salah satu program yang bertujuan mengurangi emisi gas. Sepeda kampus hanya boleh digunakan di area lingkungan kampus. Inisiatif UTU ini untuk terus meminimalkan polusi udara karena emisi asap kendaraan dan berkomitmen untuk menjaga kualitas udara lingkungan.

Selain itu, lanjut Rektor, UTU menyediakan puluhan Ha lahan untuk dijadikan University Farm yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa sebagai lahan praktik dan juga sebagai lahan konservasi. UTU juga rutin mengagendakan kegiatan penanaman pohon. Setiap pejabat Negara yang hadir ke Universitas Teuku Umar akan diminta untuk menanam sebatang pohon yang nantinya diberi nama yang bersangkutan. “tujuannya untuk meningkatkan kesadaran kita semua tentang pentingnya menanam pohon untuk menjaga bumi dari kekeringan”. Jelas Prof. Jasman

Webinar ini menghadirkan dua pemateri yang sangat berkompeten dibidangnya, yaitu Prof.Dr.Ir. Riri Fitri Sari MM. M.Sc. IP (Ketua UI Greenmetric) dan Dr. Ir. Aceng Hidayat, MT. (Ketua greencampus IPB). Bertindak sebagai moderatori adalah Arfah Husna, SKM., M.KM (Dosen FKM UTU yang menjabat sebagai Ketua Tim Implementasi Green Campus UTU).

Kedua pemateri menyampaikan materi seputar peran kampus dalam mewujudkan Green kampus yang berkelanjutan. Green campus dapat diwujudkan tidak hanya dari pengelolaan limbah sampah saja, namun pengelolaan infrastruktur berbasis green building, pengelolaan energi, pengelolaan/ konservasi air, pendidikan serta riset juga merupakan point' penting dalam meningkatkan penerapan green campus.

Webinar ini turut dihadiri 292 peserta webinar baik dosen, mahasiswa, alumni dari universitas dan instansi berbagai daerah lainnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Lainnya :